10 Tips Hemat Bahan Bakar


Ketika harga bahan bakar minyak yang terus merangkak, berbagai cara untuk menghemat BBM pun dilakukan. Dampak negatif yang terjadi akibat kenaikan BBM, banyak orang yang menjual kendaraannya (mobil) dan beralih ke transportasi alternatif lainnya misal; transportasi umum, mobil hybrid, sepeda motor dan lain sebagainya. Bagi yang harus setiap hari mobile dengan kendaraan (mobil), kenaikan BBM dirasa amat memberatkan. Upaya yang masih bisa ditempuh untuk mengurangi konsumsi BBM adalah menghemat pemakaian bahan bakar minyak. Berikut ini adalah sepuluh tips dalam menghemat konsumsi BBM.
Hemat BBM

10. Beban kendaraan jangan terlalu berat.

Usahakan jika akan melakukan perjalanan jauh, hindari membawa beban yang berlebihan yang akan memperberat kerja kendaraan. Hindari aksesoris dalam mobil yang berlebihan juga seperti soundsistem dengan beban berat yang akan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang boros.
Kurangi beban untuk menghemat BBM.

9. Periksa tekanan ban sebelum berkendara.

Menjadi suatu keharusan apabila akan menggunakan kendaraan, kita harus selalu memeriksa tekanan ban. Selain untuk alasan keamanan, tekanan ban yang kurang selaras akan menghambat laju kendaraan yang dampaknya kita tidak dapat menghemat konsumsi bahan bakar.
Periksa tekanan ban cara menghemat BBM.

8. Periksa mesin dan saringan udara secara berkala.

Lakukan servis mesin teratur. Bersihkan saringan udara dari debu dan kotoran-kotoran yang menempel secara berkala agar tidak memperberat kerja mesin. Dengan merawat kendaraan secara teratur, memeriksa busi yang aus, memperbaiki rem yang tidak berfungsi dengan baik dan lain sebagainya adalah upaya untuk menghemat bahan bakar.
Periksa mesin dan saringan udara secara berkala untuk menghemat BBM.

7. Gunakan persneling yang paling tinggi.

Jika Anda sedang melaju dijalan yang relatif tidak padat (jalan tol) dan melaju dengan cepat, gunakan persneling yang paling tinggi. Ini bertujuan agar putaran mesin tetap rendah dan menghemat pemakaian bahan bakar. Usahakan kecepatan stabil di kisaran 70 km/jam, angka ini terhitung pas dan ekonomis, karena putaran mesin tetap stabil dan tidak meninggi. Jangan lebih dari 100km/jam, karena akan menyedot banyak BBM.
Gunakan persneling tinggi salah satu cara menghemat BBM.

6. Kegunaan deflektor udara dan bumper mobil.

Anda dapat menggunakan deflektor udara karena dapat menghemat pemakaian bahan bakar hingga 5-10%. Penggunaan bumper kendaraan juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan menghemat hingga 2-4%.
Kegunaan deflektor udara dan bumper mobil untuk hemat BBM.

5. Gunakanlah spare part asli dari kendaraan Anda.

Gunakan spare parts asli untuk kendaraan Anda, apabila harus ada yang diganti, carilah yang asli. Meskipun harganya mahal namun akan bertahan lama dan tidak cepat aus atau rusak serta dapat menghemat konsumsi bahan bakar.
Gunakan spare parts asli untuk hemat BBM.

4. Hindari pemakaian AC yang berlebihan.

Matikan AC apabila kondisi di dalam mobil dirasa tidak memerlukan AC. Atau pada saat hari hujan, pemakaian AC harus dicermati, tetapi jangan sampai AC mati karena akan terjadi pengembunan yang akan mengganggu pandangan mengemudi. Parkirlah di tempat yang teduh dan pada saat akan digunakan buka semua jendela mobil agar udara panas keluar dari kabin, baru nyalakan AC.
Hindari penggunaan AC berlebihan untuk hemat BBM.

3. Gunakanlah oli yang sesuai dengan petunjuk standar.

Gunakanlah oli yang sesuai dengan petunjuk standar yang dikeluarkan oleh pabrik kendaraan Anda. Jangan berganti-ganti oli apalagi mencoba-coba berbagai merk oli. Tidak sembarang merk oli cocok dengan kendaraan Anda, carilah yang cocok dan jangan berganti-ganti. Dengan pemakaian oli yang tepat, mengganti oli tepat pada waktunya akan menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan Anda.
Gunakan oli standar pabrikan untuk hemat BBM.

2. Lakukan akselerasi yang konstan dan hindari pengereman mendadak.

Apabila lalulintas sedang macet, hindari akselerasi tinggi yang akan membuat Anda berkali-kali mengerem secara mendadak pula. Akselerasi yang tinggi dan mendadak menyebabkan ECU meminta suplai bensin yang maksimal. Melajulah dengan pelan tanpa akselerasi tinggi dan mendadak, injak pedal rem dengan perlahan tindakan ini akan menghemat pemakaian bahan bakar kendaraan Anda.
Lakukan akselerasi stabil untuk hemat BBM.

1. Panaskan mobil sebelum digunakan sewajarnya.

Panaskan mobil sebelum digunakan sewajarnya tetapi jangan terlalu lama, kira-kira 3 menit saja. Panaskan mobil selama 3 menit atau pada saat jarum temperatur mesin sudah mulai bergerak naik akan menghemat pemakaian bahan bakar pada saat kendaraan digunakan. Banyak dari kita memanaskan mobil yang akan kita gunakan sembari melakukan aktifitas lain, tindakan ini jelas merupakan suatu pemborosan BBM.
Memanaskan mobil dengan sewajarnya, cara menghemat BBM.
Anda sedang membaca Artikel tentang 10 Tips Hemat Bahan Bakar, jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan masukkan email Anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel baru.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

3 komentar

 
© 2014 - 2015 Cyberdark Blog
Designed by CyberdarkBlog Cooperated with Duy Pham
SMPIT Al - Masykar Bina Insani
Like FP Cyberdark Blog yah