Eiffel Tower : Beauty of France


Menara Eiffel, Monumen Besi Tempa
Apa yang mebuat Menara Eiffel begitu mengangumkan?  Pertama, tentunya  karena Eiffel memehcahkan  rekor  bangunan tertinggi di dunia pada akhir abad 19. Rekor Monumen Washington di kota dikota Washington D.C, Amerika Serikat yang bertinggi 169 Meter dipecahkan. Tinggi Eiffel hamper 2 Kali tinggi monumen Washington, yaitu 300 Meter. Kedua, Eiffel melawan Tradisi  zamannya. Saat itu, baja sedang diagungkan sebagai bahan bangunan terkuat, namun Alexandre Gustav Eiffel, perancangnya, justru menggunakan besi tempa. Ketiga, Karya seni dari kerangka besi tempa yang menjulang tinggi tersebut kerap dianggap sebagai symbol zaman Keemasan ilmu Pengetahuan dan seni.

Berat Eiffel 9.000 Ton !
Bahan apa saja yang dipakai untuk membangun Eiffel? Terbanyak tentu Besi Tempa, jumlahnya 18.038 komponen. Untuk menyatukan rangka – rangka besi dibutuhkan 2,5 Juta paku. Seluruh komponen Eiffel, kalau di jumlahkan, Berat nya menjadi 9.000 ton! Karena proses memuai,menjadi bertambah tinggi sedikit, yaitu 17 Cm.

Pembangunan Super Kilat
Gustav Eiffel menandatangani kontrak untuk membangun Menara Eiffel tanggal 8 Januari 1887. Menara mulai dibangun bulan April 1888 dan Selesai dibangun hanya dalam waktu 1 Tahun 1 Bulan, yaitu pada bulan Mei 1889. Gustave Eiffel memimpin sendiri pembangunan yang sangat cepat dibantu oleh 230 Pekerja. Kekuatan konstruksi bangunan sangat matang diperhitungkan. Anjungan pertama yang tinggi nya 57 meter, memiliki 4 kaki yang saling dihubungkan dengan lengkungan dekoratif. Dari kejauhan, Menara Eiffel mungkin tampak ringan dan halus, Tetapi sebernanya amat kokoh dipasangkan di Persilangan menyebarkan bobot secara merata.
Anda sedang membaca Artikel tentang Eiffel Tower : Beauty of France, jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan masukkan email Anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel baru.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© 2014 - 2015 Cyberdark Blog
Designed by CyberdarkBlog Cooperated with Duy Pham
SMPIT Al - Masykar Bina Insani
Like FP Cyberdark Blog yah