partial molar volume

     Volume molar parsial yaitu kontribusi pada volume, dari satu komponen dalam sampel terhadap volume total. Apabila suatu volume yang besar dari air murni di tambahkan 1 mol H2O , maka volumenya bertambah 18 cm3 dan kita dapat mengatakan bahwa 18 cm3/mol adalah volume molar air murni. Walaupun mengatakan demikian, jika kita menambahkan 1 mol H2O ke dalam etanol murni yang volumenya besar, maka penambahan volume nya hanya 14 cm3 . Perbedaan kenaikan volume pada air murni dan etanol karena volume yang ditempati oleh sejumlah tertentu molekul air tergantung pada molekul-molekul yang mengelilinginya. Banyaknya etanol yang menyebabkan molekul H2O dikelilingi oleh etanol, yang mana etanol akan brertambah volumenya hanya sedikit. Kuantitas 14 cm3/mol merupakan volume molar parsial air dalam etanol murni, yaitu volume campuran yang dapat di anggap berasal dari satu komponen. (Atkins, 1993).


Gambar 1.1 Volume molar parsial air dan etanol pada temperatur 25oC .

Volume molar komponen suatu ca,puran dapat berubah-ubah tergantung dari komposisinya, hal ini dikarenakan lingkungan setiap jenis molekul berubah jika komposisinya berubah. Perubahan lingkungan molekular dan perubahan gaya-gaya yang bekerja antar molekul inilah yang menghasilkan variasi sifat termodinamika campuran jika komposisinya berubah. Volume molar parsial Vx dari suatu zat X pada beberapa komposisi di definisikan sebagai berikut (Atkins, 1993) :
                                     
       Volume molar parsial adalah kemiringan grafik volume total, ketika jumlah X berubah, sedangkan tekanan, temperatur dan jumlah komponen lain tetap. Definisi ini menunjukkan bahwa ketika komposisi campuran berubah besar sebesar penambahan dnA zat A dan dnB zat B, maka voleme total campuran berubah sebesar (Atkins, 1993) :
     

Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan volume molar parsial adalah adanya perbedaan antara gaya intermolekul pada larutan dan komponen murni penyusutan larutan tersebut, dan adanya perbedaan antara bentuk dan ukuran molekul suatu molal parsial larutan utama, yakni (Rao dan Fasad, 2003):
1.      Volume molal parsial dari komponen-komponen dalam larutan.
2.      Entalpi molal parsial.
3.      Energi bebas molal parsial (potensial kimia).
Volume molar parsial dari komponen suatu biner dapat dihitung dari penentuan kerapatan atau massa jenis larutan. Metoda perpotongan grafik adalah cara yang paling jelas secara grafik untuk menggambarkan kuantitas molar parsial

EKSTENSIF DAN INTENSIF
Intensif dan ekstensif adalah dua sifat yang berhubungan dengan keadaan termodinamika dari suatu sistem. Sistem merupakan bagian dari alam yang menjadi pusat perhatian utama dalam terjadinya sebuah eksperimen. Sistem dapat ditandai dengan adanya volume dalam besaran tertentu, serta mol gas yang terdapat di dalamnya.


Pengertian sifat intensif adalah sifat dari sebuah materi yang sama sekali tidak bergantung pada jumlah serta ukuran dari materi itu sendiri dan tidak dapat diakumulasikan.

Pengertian sifat ekstensif adalah sifat dari sebuah materi yang ditentukan oleh jumlah serta ukuran materi tersebut.

Volume. Pada dasarnya semakin besar ukuran suatu materi, maka akan semakin besar pula jumlah volume dari materi tersebut.
Massa / berat. Semakin banyak jumlah dari suatu materi, maka akan semakin besar pula jumlah massa dari materi itu sendiri.

Perbedaan sifat intensif dan ekstensif dapat kita lihat pada sebuah sistem di mana terdapat sejumlah massa dalam beberapa bagian dengan temperatur yang sama. Total massa dan volume yang dimiliki benda tersebut merupakan akumulasi dari tiap komponen dan disebut sifat ekstensif, sedangkan suhu / temperaturnya merupakan sifat intensif.

referensi :
http://chemistryb15.blogspot.co.id/2017/06/v-behaviorurldefaultvmlo.html
http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-intensif-dan-ekstensif/
http://slideplayer.com/slide/9315021/
Anda sedang membaca Artikel tentang partial molar volume, jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan masukkan email Anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel baru.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© 2014 - 2015 Cyberdark Blog
Designed by CyberdarkBlog Cooperated with Duy Pham
SMPIT Al - Masykar Bina Insani
Like FP Cyberdark Blog yah