anion

Anion adalah ion negatif yang terbentuk ketika atom nonlogam memperoleh satu atau lebih elektron. Anion dinamakan demikian karena mereka tertarik ke anoda (bidang positif) dalam medan listrik. Atom biasanya mendapatkan elektron sehingga mereka akan memiliki konfigurasi elektron seperti gas mulia. Semua unsur dalam kelompok 17 memiliki tujuh elektron valensi karena konfigurasi ns2np5 dibagian terluarnya. Oleh karena itu, setiap unsur akan mendapatkan satu elektron dan menjadi anion dengan muatan -1. Demikian juga, Kelompok 16 unsur membentuk ion dengan muatan -2, dan Kelompok 15 non logam membentuk ion dengan muatan -3.
Penamaan anion sedikit berbeda dari penamaan kation. Akhir dari nama unsur tersebut dihilangkan dan diganti dengan akhiran-ida. Misalnya, F– adalah ion fluorida, sedangkan O2–adalah ion oksida. Seperti halnya dengan kation, muatan anion ditandai dengan superscript mengikuti simbol. Anion yang umum tercantum dalam Tabel di bawah ini:
nama Anionsimbol dan muatan
FluoridaF–
KloridaCl–
BromidaBr–
IodidaI–
OksidaO2-
SulfidaS2-
NitridaN3-

Penggunaan Anion

Ion fluorida secara luas digunakan dalam pasokan air untuk membantu mencegah kerusakan gigi. Klorida merupakan komponen penting dalam keseimbangan ion dalam darah. Ion iodida yang dibutuhkan oleh kelenjar tiroid untuk membuat hormon tiroksin.
Senyawa ion dalam pelarutnya akan terurai menjadi ion-ion,sedangkan senyawa ko1alen tidak. Oleh karena itu dengan mudahkita dapat membedakan antara senyawa ion dan senyawa ko1alen. Adanya penguraian dalam larutan dapat diamati apabila diberikanpereaksi yang khas untuk ion-ion yang diduga hasil reaksi.
Anion dapat berfungsi sebagai logam apabila memiliki minimalsatu pasang ion pusat yang disebut bilangan koordinasi. Ikatanko1alen koordinat. Pada ikatan ini ligan sebagai donor pasanganelektron. Ion kompleks ditinjau dari jenis ligan yang diikat dapatdigolongkan menjadi dua yakni kation kompeleks dan anion kompleks
Referensi : 
https://indrienola.wordpress.com/2016/03/14/493/
http://www.sridianti.com/pengertian-anion-dan-contohnya.html
http://kelompok1kimiaanorganik.blogspot.co.id/2013/06/v-behaviorurldefaultvmlo_17.html
https://www.academia.edu/19160483/Laporan_Praktikum_Kimia_Analisis_Anion

Anda sedang membaca Artikel tentang anion, jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan masukkan email Anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel baru.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© 2014 - 2015 Cyberdark Blog
Designed by CyberdarkBlog Cooperated with Duy Pham
SMPIT Al - Masykar Bina Insani
Like FP Cyberdark Blog yah