nernst

A. Persamaan Nernst

Dalam sel volta pada pengukuran standar, pasti digunakan konsentrasi yang sama pada kedua gelas kimia yaitu pada anode dan katode. Namun, jika salah satu atau kedua gelas kimia tersebut konsentrasinya diubah, maka perhitungan potensial selnya tidak akan sama dengan perhitungan potensial sel volta biasa (Eºsel = Eºkatode – Eºanode)

Jadi, persamaan nernst adalah persamaan ketika konsentrasi dan tekanan pada kedua elektrode (anode dan katode) berbeda jenis pada kedua elektrode. Konsep ini dikemukakan oleh Walther Nernst. Hebat kan ia!!! Nah, bagaimana nih rumus potensial selnya?
nernst2
Sel konsentrasi adalah sel volta yang kedua elektrodenya (anode dan katode) berjenis sama, tetapi konsentrasinya berbeda. Biasanya, sel konsentrasi terjadi pada larutan asam (H+), yang pada reaksi anode dan katodenya atom hidrogen akan habis bereaksi.
Bagaimana rumus untuk sel konsentrasi nih?
nernst2
PERSAMAAN SEL KONSENTRASI
Angka 0 (nol) pada rumus sel konsentrasi menunjukkan Eºsel antara anode dan katode bernilai sama karena pada kedua elektrode tersebut menggunakan zat yang sama. Nah, pada sel konsentrasi berlaku hal berikut.
aktor-faktor yang mempengaruhi koefisien distribusi diantaranya:
1. Temperatur yang digunakan.
Semakin tinggi suhu maka reaksi semakin cepat sehingga volume titrasi
menjadi kecil, akibatnya berpengaruh terhadap nilai k.

2. Jenis pelarut.
Apabila pelarut yang digunakan adalah zat yang mudah menguap maka akan sangat mempengaruhi volume titrasi, akibatnya berpengaruh pada perhitungan nilai k.

3. Jenis terlarut.
Apabila zat akan dilarutkan adalah zat yang mudah menguap atau higroskopis, maka akan mempengaruhi normalitas (konsentrasi zat tersebut), akibatnya mempengaruhi harga k.

4. Konsentrasi
Makin besar konsentrasi zat terlarut makin besar pula harga k.

Bila dua macam pelarut yang tidak saling bercampur dimasukkan kedalam suatu tempat, maka akan terlihat suatu batas, dimana hal ini menunjukkan dua pelarut tersebut tidak bercampur. Jika solut yang dapat bercampur baik dalam pelarut I maupun pelarut II ditambahkan pada kedua pelarut tersebut, maka akan terjadi pembagian solut yang terdistribusi dalam kedua pelarut tersebut.

  • Sel Volta / Sel Galvani

    Istilah pada sel volta

  • ERed (Potensial Reduksi) : harga nilai tegangan setengah reaksi kimia yang cenderung menerima elektron, karena ERed semakin besar maka kemampuan reduksi besar dan sulit untuk oksidasi
  • EOks (Potensial Oksidasi) : harga nilai tegangan setengah reaksi kimia yang cenderung melepas elektron, karena EOks semakin besar menunjukkan ERed semakin kecil sehingga kemampuan oksidasinya besar dan sulit untuk reduksi
  • EElektroda : harga nilai tegangan setengah reaksi kimia baik ERed atauEOks, namun untuk penyebutan lebih cenderung ke ERed (nilai pada Deret Volta keseluruhannya menggunakan ERed) walau itu menunjukkan EElektroda maupun EOks (EOks jika diubah ke ERed maka akan berkebalikan tanda yang semula EOks (+) menjadi ERed (-)
  • ESel : selisih antara nilai ERed - EOks (ESel = ERed - EOks atau ESel =EBesar - EKecil), harga nilai tegangan satu reaksi kimia
#Reaksi redoks spontan adalah reaksi yang dapat langsung terjadi dan potensial sel yang dihasilkannya bertanda positif. Reaksi redoks spontan terjadi jika   E red – E oks > 0. Ciri-cirinya yaitu dihasilkannya endapan, terjadi gelembung, perubahan warna, dan perubahan suhu. Reaksi redoks spontan dapat digunakan sebagai sumber arus, yaitu dalam sel volta, baterai dan aki.

#Reaksi redoks tak spontan adalah reaksi yang tidak dapat mereduksi unsur-unsur disebelah kanannya dan potensial sel yang dihasilkannya bertanda negatif. Reaksi redoks tak spontan dapat dilangsungkan dengan menggunakan arus listrik, yaitu dalam reaksi elektrolisis. Elektrolisis banyak diterapkan dalam industri, misalnya pengolahan aluminium, produksi NaOH dan klorin, dan dalam penyepuhan (electroplating).

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/746792#readmore

Referensi :https://amaldoft.wordpress.com/2015/12/12/persamaan-nernst-sel-konsentrasi-redoks-dan-elektrokimia/
http://duniagalery.blogspot.co.id/2015/06/distribusi-zat-terlarut-antara-dua.html
http://www.caesarvery.com/2015/10/sel-elektrokimia-sel-volta-sel-galvani.html
Anda sedang membaca Artikel tentang nernst, jika Anda menyukai Artikel di blog ini, silahkan masukkan email Anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel baru.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© 2014 - 2015 Cyberdark Blog
Designed by CyberdarkBlog Cooperated with Duy Pham
SMPIT Al - Masykar Bina Insani
Like FP Cyberdark Blog yah